Friday, November 27, 2015

Ciri-Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda

Omnur.com - Ciri-Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda . Dengan nama ilmiah Centella Asiatica Urb, tumbuhan daun kaki kuda ini diperkirakan berasal dari Asia yang memiliki iklim tropis dan penyebarannya sampai ke Indonesia serta daerah tropis lainnya yang berada di Asia.

Ciri-Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda
Ciri-Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda

Nama dari Daun Kaki Kuda sangat beragam di Indonesia antara lain di jawa dikenal dengan nama calingan rambat, di sunda antanan rambat serta di daerah Madura dikenal dengan nama kos tekosan.

Daun kaki kuda dapat tumbuh dengan baik dan subur pada wilayah dataran rendah ataupun dataran tinggi seperti didaerah pegunungan yang ketinggiannya mencapai 2500 meter diatas permukaan air laut. Pertumbuhannya memerlukan tanah yang lembab dan juga subur serta memiliki lokasi yang agak teduh.

Di daerah tertentu tanaman daun kaki kuda ini digunakan untuk menutupi tanah diperkebunana teh yang fungsinya untuk penutup tanah agar tetap lembab. Cara penanaman daun kaki kuda ini menggunakan stek pada batangnya, dengan stek batang maka akan cepat tumbuh daun kaki kuda tersebut.

Adapun ciri-ciri dari tanaman Daun Kaki Kuda ini adalah sebagai berikut :

  • Daun kaki kuda merupakan tanaman tahunan dan tumbuhnya merambat.

  • Batangnya yang merambat memiliki banyak cabang dan masing-masing cabang tersebut akan membentuk tumbuhan baru.

  • Daunnya berbentuk seperti ginjal dimana pada ujung daun tersebut tepinya bergerigi dan terletak pada seputar batangnya.

  • Bunganya akan muncul di daerah ketiak daun dan terusun berbentuk seperti payung dan biasanya terdapat 3 bunga yang berwarna putih atau merah muda.

  • Memiliki buah yang kecil-kecil berbentuk lonjong dan rasanya pahit tetapi memiliki bau yang harum.

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan dari daun kaki kuda ini adalah sebagai pelancar air seni. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan daun kaki kuda secukupnya, lalu direbus sampai masak.

  • Air dari rebusan tersebut diminum selagi hangat untuk melancarkan air seni.

Dengan sedikit informasi mengenai Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda ini semoga bisa memberi manfaat serta menjadi inspirasi untuk keluarga serta dapat membantu melestarikan tanaman sehat yang ada di alam yang sangat berguna untuk kesehatan seperti halnya tanaman cincau dan lain sebagainya.

Related Posts

Ciri-Ciri Dan Manfaat Daun Kaki Kuda
4/ 5
Oleh