Monday, December 14, 2015

Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia

Omnur.com - Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia. Kita sudah mengetahui bahwa banyak sekali orang-orang cina atau tionghoa yang sukses di negara Indonesia bahkan di berbagai negara didunia.

Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia
Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia

Kesuksesan orang-orang tionghoa ini terletak pada beberapa strategi yang dimilikinya sehingga mereka bisa bertahan dalam segala suasana baik dalam krisis moneter maupun sedang dalam tekanan. Kemampuan ini yang harusnya menjadi tolak ukur bagi kita untuk dapat meningkatkan peluang bisnis yang ada di Indonesia maupun di negara lainnya.

Saya pernah membaca buku tentang Rahasia Bisnis Etnis Tionghoa yang dibuat oleh Thomas Liem Tjoe. Buku ini berisi tentang bagaimana kemampuan etnis tionghoa untuk beradaptasi dengan lingkungannya dengan cepat dan juga bagaimana mereka bisa sukses walaupun tidak di negaranya sendiri.

Banyak sekali ulasan-ulasan yang ada didalamnya seperti bagaimana orang tionghoa bisa bertahan pada krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 lalu serta perkembangan bisnis mereka mulai dari awal masuk ke Indonesia sampai bisa sukses dan bertahan lama dan memenangkan persaingan dagang dengan warga pribumi.

Setelah dibaca dan dipahami sedikit demi sedikit, saya bisa melihat rahasia sukses mereka yaitu kegigihan dan juga solidaritas antara etnis mereka yang begitu kuat, sampai-sampai perusahaan yang mereka kerjakan seluruh petingginya dari keluarganya sendiri atau dari sesama etnis tionghoa.

Adapun rahasia bisnis sukses orang tionghoa antara lain :

1. Rajin dan Tekun Berusaha
Disini daoat diartikan bahwa orang-orang yang berhasil adalah orang yang mau bekerja, rajin dan juga tekun dan sebaliknya kemalasan akan memberikan penderitaan.

2. Penghematan dalam pengeluaran
Bisnis kita akan sukses besar apabila bisnis yang kita kelola dapat menghemat pengeluaran dan memperbesar pemasukan. Apabila kita melakukan pemborosan dalam bisnis maka modal yang dipakai sedikit demi sedikit akan terus menipis dan akan memberikan kebangkrutan.

3. Ramah pada setiap orang
Dalam berbisnis ada istiah pembeli adalah rekan, maka dari itu ada baiknya kita harus selalu ramah terhadap orang lain apalagi terhadap pelanggan yang menggunakan jasa kita.

4. Jangan sia-siakan kesempatan
Ambilah kesempatan disaat yang tepat dan jangan selalu menghindari kesempatan tersebut karena menunda atau menghindarikesempatan tersebut akan menghilangkan peluang dalam bisnis yang kita jalani.

5. Berhati- hati dalam memberi hutang
Walaupun kita selalu membantu orang yang membutuhkan, ada baiknya dalam hal bisnis sebaiknya menghindari hal-hal untuk memberikan hutang terhadap orang lain. Carilah data selengkap-lengkapnya tentang orang yang akan meminjam hutang kepada kita, karena tidak semua orang akan mengembalikan hutang tepat waktu.

Rahasia kesuksesan orang dari tionghoa di Indonesia kemungkinan karena hal tersebut diatas, namun masih banyak juga faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan mereka. Untuk itu Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia harus kita ikuti agar menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.

Related Posts

Rahasia Bisnis Sukses Orang Tionghoa Di Indonesia
4/ 5
Oleh