Wednesday, August 24, 2016

Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas

Omnur - Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas . Masih berkeliling sekitar wilayah seputar Balingmascakeb (Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) yang merupakan daerah yang banyak mempunyai potensi wisata dan kuliner yang eksotik, salah satunya yaitu Getuk Goreng Sokaraja yang sudah menjadi makanan khas Sokaraja Banyumas.

Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas
Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas
Getuk Goreng Sokaraja ini memang menjadi salah satu makanan unik yang menjadi daya tarik seseorang untuk menikmatinya dan mencoba kelezatannya. Pada awalanya getuk goreng sokaraja ini tidak sengaja di buat oleh Bapak Sanpirngad sekitar tahun 1918, mulanya dia berjualan getuk biasa yang dibuat berbahan dasar singkong, namun pada suatu hari getuk tersebut kurang laku dan tidak habis, akhirnya Bapak Sanpirngad menggoreng getuk tersebut untuk di jual kembali, tanpa di duga olahan getuk yang di goreng tersebut sangat di sukai oleh para pembeli.

Sampai saat ini getuk goreng Asli Sokaraja masih bertahan dan dapat di jumpai sepanjang jalan di Sokaraja Banyumas, namun bagi anda yang ingin menikmati Getok Goreng yang memiliki rasa unik ini, anda dapat menimkatinya dengan beberapa varian rasa, diantaranya rasa orisinil atau asli, rasa duren dan beberapa rasa lainnya yang akan membuat anda senang.

Namun tidak susah khawatir apabila anda tidak dapat mengunjungi wilayah Sokaraja, karena ada tips membuat Getuk Goreng Asli Sokaraja yang dapat anda buat sendiri di rumah :

Cara Membuat Getuk Goreng Asli Sokaraja
Cara Membuat Getuk Goreng Asli Sokaraja

Bahan-bahan

  • 1/2 kg singkong

  • 125 Gr Gula jawa / gula merah

  • 40 gram tepung beras

  • 1/2 sendok makan terigu

  • Garam Secukupnya

  • Minyak goreng

Cara Membuat :

  • Pertama-tama kupas singkong , bersihkan lalu direbus sampai matang .

  • Larutkan gula yang di campur dengan air.

  • Haluskan singkong sampai halus dan campurkan dengan larutan gula tadi.

  • Campurkan Tepung beras, terigu dan garam ditambah sedikit air sampai adonan mengental,

  • Ambil singkong yang sudah dihaluskan tadi, lalu masukan ke dalam adonan tepung beras tadi sampai menutupi seluruh permukaan getuk tadi.

  • Goreng sampai matang.

  • Siap di sajikan
Bagi anda penggemar kuliner tradisional khas dari Indonesia , maka anda patut untuk mencobanya langsung di wilayah Sokaraja, karena Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas sangat menggoyang lidah penggemar kuliner nusantara.

Baca juga resep kuliner lainnya yang sangat enak untuk dinikmati seperti Cara Membuat Nugger Ayam Rasa Semur dan lain sebagainya.

Related Posts

Getuk Goreng Makanan Khas Dari Sokaraja Banyumas
4/ 5
Oleh

8 komentar

12/01/2014 delete

Aku suka getuk...tapi getuk goreng blum perna nyoba....layak dicoba nich resepnya...keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

Reply
avatar
12/01/2014 delete

Silahkan di coba mas (c) cheer

Reply
avatar
12/01/2014 delete

Palng suka sama getuk goreng .... kalau dulu naik kereta bisa beli pas lewat purwokerto, tapi kalau sekarang mesti mampir purwokerto baru bisa dapat getuk goreng soalnya di kereta gak ada yang dagang lagi :D

*gak pernah mampir , sekalinya mampir ke sini kepanjangan ya komennya :D

Reply
avatar
12/01/2014 delete

Kalaulewat jalur selatan menuju Yogya, biasanya saya sering mampir ke tempat wisata belanaj di Sokoraja untuk membeli getuk goreng yang khas ini, dan rasanya enak banget. :D

Reply
avatar
12/02/2014 delete

rasanya kayak mana itu ya

Reply
avatar
12/02/2014 delete

Rasanya pokoknya enak mas,,,, cobain aja , pasti ketagihan

Reply
avatar
12/02/2014 delete

Hehe,,, iya bener rasanya enak banget dan pastinya kalau makan getung goreng ini pasti inget sokaraja

Reply
avatar
Cau
5/24/2015 delete

Hi rinnchan. Betul cakap you tu! I've tried all the vnosires you mentioned. Tapi yg guna daun kari tu blum lagi heheh. But ada lagi satu resipi gunakan ubi kayu rebus/kukus ni. Kalau tak silap namanya "magelek ubi kayu". Ianya seperti bagedel kentang; ubi ditumbuk dan dicampur dgn udang kering/ikan bilis tumbuk dan lain2 rencah. Tak tau mana entah resipinya saya taruk. Kalau jumpa nanti saya share.

Reply
avatar