Tuesday, August 16, 2016

Tarian Asli Dari Purbalingga Adalah Tarian Lenggasor

Omnur.com - Keceriaan Tarian Lenggasor Sebagai Kebudayaan Tari Dari Purbalingga . Saat ini banyak orang yang tidak mengenal jenis-jenis budaya tradisional yang berasal dari daerahnya sendiri terutama tentang tarian. Masyarakat saat ini lebih cenderung mengikuti arus modernisasi dan melupakan yang tradisional, salah satunya tarian Lenggasor yang berasal dari Purbalingga yang mulai dilupakan, karena sebenarnya tarian ini adalah tarian asli kreasi putera puteri Purbalingga dan tarian ini di kreasikan oleh Susiati.

Tarian Asli Dari Purbalingga Adalah Tarian Lenggasor
Tarian Asli Dari Purbalingga Adalah Tarian Lenggasor 

Tarian Lenggasor ini adalah tarian asli dari Kabupaten Purbalingga yang merupakan salah satu tarian yang berasal dari kesenian lenggeran yang telah dikembangkan. Tarian Lenggasor sendiri di ambil dari kata "Lenggah" yang artinya duduk dan "Ngisor" yang artinya bawah yang memiliki makna harus tunduk kepada sang Maha Pencipta serta patuh kepada orang tua.

Gerakan-gerakan yang ada dalam Tarian Lenggasor memiliki gerakan yang enerjik serta sangat unik dan penuh keceriaan serta disispi gerakan yang jenaka dan juga para penari selalu melakukan goyangan-goyangan yang sangat menarik untuk di lihat.

Berikut adalah video Tarian Lenggasor pada ajang festival tari unggulan tinggkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2012 silam:



Tari Lenggasor adalah tari yang mempunyai ciri khas tertentu dan memiliki Tarian Asli Dari Purbalingga Adalah Tarian Lenggasor , maka jagalah tarian-tarian tradisional baik yang ada di wilayah sendiri atau berada di seluruh wilayah Indonesia. Seperti tarian Kuda Lumping, tari Gidro dan lain sebagainya.

Related Posts

Tarian Asli Dari Purbalingga Adalah Tarian Lenggasor
4/ 5
Oleh

2 komentar

12/12/2014 delete

Banyak budaya dari Purbalingga. Di Purbalingga terdapat desa yang 90% warganya sebagai pengrajin wig dan bulu mata palsu.
https://cauchymurtopo.wordpress.com/2012/12/27/desa-wisata-karangbanjar-purbalingga-penghasil-wig-dan-bulu-mata-palsu/

Reply
avatar
2/01/2017 delete

Aku Lia, aku sedang d daerah purbalingga. Aku pingin bgt belajar tarian ini langsung dg B susiati. Adakah yg bisa bantu?
Mksih

Reply
avatar