Tuesday, January 5, 2016

Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanaman Mengkudu Atau Pace Untuk Kesehatan

Omnur.com - Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanaman Mengkudu Atau Pace Untuk Kesehatan. Tanaman mengkudu ini di kenal dengan nama latin Morinda Citrifolia L yang merupakan salah satu jenis dari kopi-kopian. Tanaman ini berasal dari negara Indonesia yang kemudian menyebar ke banyak wilayah di Asia seperti India dan negara lainnya di wilayah Asia Pasifik.

Tanaman mengkudu ini di kenal dengan berbagai nama, seperti di wilayah Jawa dikenal dengan nama kemudu atau pace, sedangkan di Sunda dikenal dengan nama Cengkudu, untuk daerah Madura di kenal dengan nama Kodhuk dan di daerah Bali di kenal dengan nama Wungkudu.

Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanaman Mengkudu Atau Pace Untuk Kesehatan
Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanaman Mengkudu Atau Pace Untuk Kesehatan

Ciri-ciri dari tanaman Mengkudu atau pace :

- Tanaman ini merupakan salah satu pohon yang berukuran kecil .

- Memiliki tinggi sekitar 8 meter.

- Batang dari mengkudu ini memiliki banyak cabang.

- Daun yang lebar dan juga tebal dan pada bagian permukaannya mengkilap.

- Memiliki tangkai yang pendek dan letaknya saling berhadapan.

- Pada lembaran-lembaran daunnya berbentuk lonjong dan menyempit pada bagian ujungnya.

- Memiliki bunga yang muncul berbintik-bintik pada ketiak-ketiak daun dan tersusun dalam karangan berbentuk seperti bongkol serta warnanya putih dan wangi.

- Buahnya adalah buah buni majemuk yang berbentuk bulan agak lonjong seperti telur, dan pada bagian permukaannya memiliki tonjolan-tonjolan.

- Apabila buahnya sudah matang,maka akan berwana kuning pucat dan memiliki air, serta di dalam buahnya terdapat biji yang berbentuk memanjang dan warnanya kecoklatan.

Cara menanam tanaman mengkudu atau pace ini tidak terlalu sulit, karena tanaman ini dapat tumbuh subur pada daerah yang memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan air laut yang merupakan daerah dataran rendah. Tanaman ini juga sangat banyak di jumpai tumbuh dengan liar pada daerah pantai, lapangan dan juga ladang serta di hutan-hutan.

Mengkudu ini dapat di tanam di pekarangan rumah yang dapat di gunakan sebagai tanaman sayuran serta juga dapat di pergunakan sebagai tanaman obat, dapat juga di tanam di dekat tanaman kopi yang berfungsi untuk melindungi tanaman kopi agar tidak di rambati oleh tanaman rambat lainnya. Cara menanamnya cukup dengan biji yang harus di semaikan terlebih dahulu.

Manfaat tanaman mengkudu atau pace :

Sebagai tanaman yang kaya akan manfaatnya, Mengkudu atau pace ini juga berguna sebagai tanaman obat yaitu untuk mengobati pelancar air seni dan pencahar. Caranya yaitu ambil akar mengkudu secukupnya lalu di rebus hingga masak, setelah masak airnya di saring dan di minum hangat-hangat.

Selain tanaman mengkudu ini, ada juga Tanaman Jeruk Nipis yang juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anda. Semoga tanaman mengkudu ini dapat memberikan anda inspirasi dalam hidup anda dalam menjalani kehidupan yang penuh misteri ini.

Related Posts

Ciri-Ciri Dan Manfaat Tanaman Mengkudu Atau Pace Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

6 komentar

5/21/2015 delete

Buah mengkudu mengingakan waktu say amsih kecil Kang, dulu saya malah menganggap ini buah sirsak, tapi ko baunya aneh gitu. Ga tahunya ini mengkudu dan banya manfaatnya juga untuk kesehatan ya....

Reply
avatar
5/21/2015 delete

hehe,, iya emang dulu juga saya ngga tau yang namanya mengkudu,, tapi sekarang udah tahu kang, jadinya ya di manfaatin :D

Reply
avatar
5/21/2015 delete

enakan yang gelap-gelap ,, hehehe,,,,

Reply
avatar
5/22/2015 delete

dulu dikampung pace suka di buat rujak,baunya emang agak aneh gitu tp rasanya enak juga.

Reply
avatar
5/22/2015 delete

dulu waktu punya pohonnya, Ibu saya juga sering membuat Juice dari Buah Pace Kang, memang sih bau nya sangat gak enak, tapi manfaatnya bagi kesehatan sangat banyak yah ternyata. Sayangnya pohonnya rubuh kena angin hikhik...

Reply
avatar
5/23/2015 delete

yang berbau2 kesehatan biasanya rasanya pahit tuh.. hehe
tapi yang penting kan manfaatnya :D

Reply
avatar